5 Gejala Umum Yang Kerap Dialami Oleh Penderita Kanker


Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan telah banyak merenggut nyawa. Bahkan penyakit ini juga beragam jenisnya seperti kanker payudara, kanker hati, kanker lidah, kanker mulut, dan masih banyak lagi. Berdasarkan info kanker dari website Alodokter, kanker merupakan penyebab kematian ke-2 terbanyak.

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang secara tidak terkendali di dalam tubuh. Di mana pertumbuhan dari sel abnormal ini mampu merusak sel normal yang ada di sekitar dan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki asuransi outpatient atau disebut juga rawat jalan beserta dengan asuransi rawat inap yang menanggung penyakit kanker agar biaya pengobatannya bisa dicover. Agar tidak telat berobat untuk penyakit kanker, sangat disarankan untuk tahu gejala-gejala umumnya.

Gejala Umum Pada Penderita Kanker

Untuk penderita kanker, biasanya ada gejala umum yang muncul dan bisa dirasakan oleh tubuh. Apa saja gejala-gejala  tersebut?

1.    Menurunnya Berat Badan

Saat sel kanker menyerang sel-sel yang masih sehat, maka tubuh pun akan meresponsnya dengan cara menurunkan berat badan. Bahkan dalam suatu penelitian menemukan bahwa tidak sedikit orang yang berat badannya menurun secara tidak terduga sebelum penyakit tersebut terdiagnosis. Penurunan berat badan ini biasanya menyerang pada penderita kanker paru-paru, perut, pankreas, dan kerongkongan.

2.    Mengalami Demam

Pada orang yang menderita kanker biasanya akan lebih sering untuk mengalami demam. Kondisi seperti ini menjadi tanda bahwasanya kanker sudah menyebar maupun dalam proses menuju stadium yang selanjutnya. Demam muncul pada orang yang menderita kanker darah berupa limfoma maupun leukemia.

3.    Merasakan Sakit Dan Kelelahan

Kelelahan yang sangat parah bisa menjadi tanda awal dari penyakit kanker. Bahkan rasa lelah pun tetap muncul meskipun Anda sudah beristirahat sekali pun. Kondisi seperti ini umumnya menyerang pada penderita leukemia. Tidak hanya lelah yang berlebih, rasa sakit juga turut dirasakan ketika sel kanker sudah menyebar. Misalnya saja sakit di area punggung karena kanker usus besar dan ovarium.

4.    Batuk Persisten

Gejala lainnya pada penderita kanker adalah batu persisten. Di mana batuk adalah suatu bentuk cara yang alami untuk mengeluarkan zat-zat yang tubuh Anda tidak inginkan. Tapi, Anda tidak bisa meremehkannya begitu saja. Bisa jadi ini menjadi gejala dari adanya penyakit kanker paru-paru. Bahkan lama-kelamaan batuk ini pun juga akan mengeluarkan darah. Perlu Anda ketahui juga, jika batuk ini terjadi secara terus-menerus, maka bisa menjadi gejala adanya penyakit kanker tiroid.

5.    Perubahan Pencernaan

Perubahan yang terjadi misalnya saja berupa sulit untuk menelan, merasakan sakit setelah makan, dan nafsu makan yang berubah. Gangguan pada pencernaan ini bisa menjadi tanda awal adanya penyakit kanker perut. Gejala lainnya yang dapat terjadi misalnya berupa mual, muntah, dan kembung. Untuk penderita kanker kerongkongan, biasanya akan mendapatkan gejala berupa kesulitan menelan makanan.

Itulah beberapa gejala yang umum terjadi bagi penderita kanker. Oleh karena itu, waspadalah selalu dengan kondisi kesehatan tubuh Anda dan jangan memandang remeh pada setiap gangguan kesehatan yang terjadi. Lakukan pengecekan medis untuk mengetahui penyebabnya lebih dini.